Tuesday, March 25, 2014

DOWNLOAD CONTOH LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI DI PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA KOTA METRO



LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
DI
PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA
KOTA METRO

Disusun untuk melengkapi syarat mengikuti ujian akhir






Oleh :

CACAH FIRMANSYAH
NIS 1441
KOPETENSI KEAHLIAN : TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN


DINAS PENDIDIKAN KOTA METRO
SMK NEGERI 3 METRO
Alamat : Jl. Kemiri Kampus 15 A Iringmulyo Metro Timur, Telp/Fax (0725)41103
Website : smkn3metro.sch.id Email : smk3metro@yahoo.com
TAHUN PELAJARAN 2011/2012



HALAMAN PENGESAHAN

Laporan praktik kerja industri ini telah disahkan pada :

Hari                 : ________________
Tanggal           : ________________


           Ketua Program Studi,



      Muhammad Afif, S.Kom
        NIP. 198003232006041017
Pembimbing/Penguji



Joko Sukarno, S.Pd
NIP. 197109161997021001





Mengetahui,
Kepala SMK Negeri 3 Kota Metro



 Suindriyati, S.Pd, M.Pd.
NIP. 196410031986012005




KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan karunia-Nya penyusun dapat menyelesaikan  laporan Praktik Kerja Industri di PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA Kota Metro.
Laporan ini menjelaskan secara singkat tentang kegiatan yang dilakukan selama Praktek Kerja Industri berlangsung. Kegiatan tersebut diantaranya adalah mengenali jaringan TELKOM, Jumpering kabel speedy dan Jumpering kabel telpon serta memonitoring gangguan.
Penyusun mengucapkan terimakasih kepada  PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA Kota Metro karena penyusun tidak lepas dari bimbingan dan bantuan dari pembimbing di tempat prakerin sehingga penyusun dapat menyelesaikan laporan ini.
Penyusun menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu penyusun mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun dari pembaca agar laporan ini lebih sempurna di masa mendatang.
Demikian laporan ini dibuat, semoga dapat bermanfaat bagi penyusun dan umumnya bagi kita semua.
.
Metro, 21 November 2011



Penyusun


DAFTAR ISI

  HALAMAN JUDUL.............................................................................................. i
HALAMAN PENGESAHAN.............................................................................. ii
KATA PENGANTAR......................................................................................... iii
DAFTAR ISI......................................................................................................... iv
DAFTAR GAMBAR............................................................................................ v
GLOSSARY......................................................................................................... vii
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Gambaran Umum Prakerin....................................................................... 1
1.2 Tujuan Prakerin......................................................................................... 1
BAB 2 PELAKSANAAN
2.1 Pelaksanaan.............................................................................................. 3
2.2 Waktu Pelaksanaan................................................................................... 3
2.3 Gambaran Umum Perusahaan.................................................................. 3
2.4 Struktur Organisasi................................................................................... 6
2.5 Lay Out Perusahaan................................................................................. 9
BAB 3 KEGIATAN PRAKERIN
3.1 Memonitoring Gangguan Telepon dan Speedy....................................... 10
3.2 Pasang Sambungan Baru Telepon dan Speedy....................................... 12
3.4 Jumpering  Speedy dan Jumpering Telepon........................................... 14

BAB 4 PENUTUP
4.1 Kesimpulan............................................................................................. 19
4.2 Saran....................................................................................................... 19

DAFTAR PUSTAKA......................................................................................... 20

LAMPIRAN
1. Daftar Hadir Prakerin............................................................................... 21
2  Kegiatan Jurnal Prakerin........................................................................... 21
3  Sertifikat dan Nilai Prakerin..................................................................... 21
                                                                                   
LEMBAR KONSULTASI
         



DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1 Struktur Organisasi............................................................................ 6
Gambar 2.2 Lay Out Perusahaan.......................................................................... 9
Gambar 3.1 I-SISKA.............................................................................................. 10
Gambar 3.2 Status Gangguan............................................................................... 11
Gambar 3.3 Menu Printout WO Gangguan.......................................................... 11
Gambar 3.4 Printout WO Gangguan.................................................................... 12
Gambar 3.5 COC Speedy..................................................................................... 13
Gambar 3.6 Skema Penjumperan Speedy.............................................................. 16
Gambar 3.7  Inserttion Tool................................................................................... 17
Gambar 3.8 Tang Potong Kabel............................................................................ 17
Gambar 3.9  Testphone.......................................................................................... 17
Gambar 3.10 Tone Sender..................................................................................... 18





GLOSSARY
Speedy             :     Adalah salah satu produk dari PT. TELKOM yang bergerak di bidang penyedia jasa internet.
MDF               :   Adalah unit terminal berkapasitas besar sebagai tempat terminasi kabel dari sentral dan kabel primer dari tempat tambat awal kabel primer yang menuju ke jaringan.
RK                  :   RK (Rumah Kabel) merupakan sebuah perangkat cross connect  saluran pelanggan, hanya saja ukurannya lebih kecil Bentuk fisik RK adalah sebuah kotak (biasanya berwarna putih) dan banyak kita temui di pingir-pinggir jalan
IDF                 : IDF(Intermediate Distribution Frame) merupakan sebuah perangkat cross connect kabel saluran pelanggan, dengan ukuran yang lebih kecil dari MDF dan RK
EQN                :     Berfungsi untuk menghubungkan antara sentral dan kabel vertikal/primer yang ada di MDF
Inserttion Tool :     Adalah alat untuk memasang kabel pada terminal
Testphone        :     Adalah alat untuk mengecek nomor telepon
DSLAM          :  Digital Subscriber Line Access Multiplexer adalah port yang berfungsi untuk membagi data, dan dipakai dalam pemasangan
DP                   :  Distribution Point  adalah alat yang berbentuk kotak yang berfungsi untuk membagi jaringan kerumah pelanggan.
voice                :     Suara
WO                 :     Work Order  adalah surat perintah, Biasanya surat perintah pasang sambungan baru
Upgrade                                                  :  Memperbarui alat atau sesuatu menjadi lebih baik
Port                                                         :    Tempat meletakan kabel atau dudukan kabel.
Kancatel                                                  :    Adalah singkatan dari Kantor Cabang TELKOM.
POTS                                                      :    Plain Old Telephone Service adalah layanan telepon biasa.
Internal                                                    :    Faktor dari dalam
Safety                                                       :    Keselamatan
Security                                                   :    Keamanan
Login                                                       :    Masuk
Password                                                :    Kata kunci
Jumper                                                    :    Dalam hal ini pemasangan kabel speedy dan telepon
Software                                                  :    Perangkat lunak.
Cross connect                                         :    Koneksi silang.
General Manager                                   :    Merupakan gelar resmi
Ass.Man Unit Payment                           :    Adalah gelar yang diberikan untuk orang yang membantu manager dalam menjalankan tugasnya.
Database                                                 :    Kumpulan informasi yang disimpan secara sistematik pada komputer sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program computer.
Meeting management                              :    Penataan pertemuan
Organization performance                      :    bagian dari organisasi yang bertugas menangani masalah performa dari organisasi
Enquiry                                                   :    Menu yang ada di software I-SISKA
Browser                                                  :    Software yang dapat digunakan untuk mencari data dan menjelajahi internet
Control Operation Center                       :    Pusat operasi kontrol
Printout                                                   :    Hasil cetak
Asymmetric Digital Subscriber Line       : Adalah salah satu  jenis DSL yang merupakan teknologi akses internet menggunakan kabel tembaga yang membantu kabel telepon biasa dalam menghantarkan data dengan jumlah yang besar


 UNTUK BAGIAN ISI BISA DIUNDUH DISINI

DOWNLOAD CONTOH LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI DI PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA KOTA METRO Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Cacah Firmansyah

0 komentar:

Post a Comment