LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
DI
PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA
KOTA METRO
Disusun untuk melengkapi syarat
mengikuti ujian akhir
Oleh :
CACAH
FIRMANSYAH
NIS 1441
KOPETENSI KEAHLIAN : TEKNIK KOMPUTER DAN
JARINGAN
DINAS
PENDIDIKAN KOTA METRO
SMK NEGERI 3 METRO
Alamat : Jl. Kemiri Kampus 15 A
Iringmulyo Metro Timur, Telp/Fax (0725)41103
Website : smkn3metro.sch.id Email : smk3metro@yahoo.com
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
HALAMAN PENGESAHAN
Laporan praktik kerja industri ini telah disahkan
pada :
Hari :
________________
Tanggal : ________________
Ketua Program Studi,
Muhammad Afif,
S.Kom
NIP. 198003232006041017
|
Pembimbing/Penguji
Joko Sukarno, S.Pd
NIP. 197109161997021001
|
Mengetahui,
Kepala SMK Negeri 3 Kota Metro
|
Suindriyati,
S.Pd, M.Pd.
NIP.
196410031986012005
|
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan karunia-Nya penyusun dapat
menyelesaikan laporan Praktik Kerja Industri di PT.
TELEKOMUNIKASI INDONESIA
Kota Metro.
Laporan ini menjelaskan secara singkat tentang kegiatan
yang dilakukan selama Praktek Kerja Industri berlangsung. Kegiatan tersebut
diantaranya adalah mengenali jaringan TELKOM, Jumpering kabel speedy dan
Jumpering kabel telpon serta
memonitoring gangguan.
Penyusun mengucapkan
terimakasih kepada PT. TELEKOMUNIKASI
INDONESIA Kota Metro karena penyusun tidak lepas dari bimbingan dan bantuan
dari pembimbing di tempat prakerin sehingga penyusun dapat menyelesaikan laporan
ini.
Penyusun menyadari
bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu penyusun
mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun dari pembaca agar laporan
ini lebih sempurna di masa mendatang.
Demikian laporan ini dibuat, semoga dapat
bermanfaat bagi penyusun dan
umumnya bagi kita semua.
.
Metro, 21 November 2011
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL.............................................................................................. i
HALAMAN PENGESAHAN.............................................................................. ii
KATA PENGANTAR......................................................................................... iii
DAFTAR ISI......................................................................................................... iv
DAFTAR GAMBAR............................................................................................ v
GLOSSARY......................................................................................................... vii
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Gambaran Umum Prakerin....................................................................... 1
1.2 Tujuan Prakerin......................................................................................... 1
BAB 2 PELAKSANAAN
2.1 Pelaksanaan.............................................................................................. 3
2.2 Waktu Pelaksanaan................................................................................... 3
2.3 Gambaran Umum Perusahaan.................................................................. 3
2.4 Struktur Organisasi................................................................................... 6
2.5 Lay Out Perusahaan................................................................................. 9
BAB 3 KEGIATAN PRAKERIN
3.1 Memonitoring Gangguan Telepon dan Speedy....................................... 10
3.2 Pasang Sambungan Baru Telepon dan Speedy....................................... 12
3.4 Jumpering
Speedy dan Jumpering Telepon........................................... 14
BAB 4 PENUTUP
4.1 Kesimpulan............................................................................................. 19
4.2 Saran....................................................................................................... 19
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................... 20
LAMPIRAN
1. Daftar Hadir Prakerin............................................................................... 21
2 Kegiatan
Jurnal Prakerin........................................................................... 21
3 Sertifikat
dan Nilai Prakerin..................................................................... 21
LEMBAR KONSULTASI
DAFTAR
GAMBAR
Gambar 2.1 Struktur Organisasi............................................................................ 6
Gambar 2.2 Lay Out Perusahaan.......................................................................... 9
Gambar 3.1 I-SISKA.............................................................................................. 10
Gambar
3.2 Status Gangguan............................................................................... 11
Gambar
3.3 Menu Printout WO Gangguan.......................................................... 11
Gambar
3.4 Printout WO Gangguan.................................................................... 12
Gambar
3.5 COC Speedy..................................................................................... 13
Gambar 3.6 Skema Penjumperan Speedy.............................................................. 16
Gambar 3.7 Inserttion Tool................................................................................... 17
Gambar 3.8 Tang Potong Kabel............................................................................ 17
Gambar 3.9 Testphone.......................................................................................... 17
Gambar 3.10 Tone Sender..................................................................................... 18
GLOSSARY
Speedy : Adalah salah satu produk dari PT. TELKOM
yang bergerak di bidang penyedia jasa internet.
MDF : Adalah unit terminal berkapasitas besar
sebagai tempat terminasi kabel dari sentral dan kabel primer dari tempat tambat
awal kabel primer yang menuju ke jaringan.
RK : RK (Rumah
Kabel) merupakan sebuah perangkat cross
connect saluran pelanggan, hanya
saja ukurannya lebih kecil Bentuk fisik RK adalah sebuah kotak (biasanya
berwarna putih) dan banyak kita temui di pingir-pinggir jalan
IDF :
IDF(Intermediate Distribution Frame)
merupakan sebuah perangkat cross connect
kabel saluran pelanggan, dengan ukuran yang lebih kecil dari MDF dan RK
EQN : Berfungsi untuk menghubungkan antara sentral dan kabel vertikal/primer yang
ada di MDF
Inserttion
Tool : Adalah alat untuk memasang kabel pada terminal
Testphone : Adalah alat untuk
mengecek nomor telepon
DSLAM :
Digital Subscriber Line Access Multiplexer adalah
port yang berfungsi untuk membagi data, dan dipakai dalam pemasangan
DP : Distribution
Point adalah alat yang
berbentuk kotak yang berfungsi untuk membagi jaringan kerumah pelanggan.
voice : Suara
WO : Work
Order adalah surat perintah,
Biasanya surat perintah pasang sambungan baru
Upgrade : Memperbarui alat atau
sesuatu menjadi lebih baik
Port : Tempat meletakan kabel atau dudukan kabel.
Kancatel : Adalah singkatan dari Kantor Cabang TELKOM.
POTS : Plain
Old Telephone Service adalah layanan telepon biasa.
Internal : Faktor dari dalam
Safety : Keselamatan
Security : Keamanan
Login : Masuk
Password : Kata kunci
Jumper : Dalam hal ini pemasangan kabel speedy dan telepon
Software : Perangkat lunak.
Cross connect : Koneksi
silang.
General Manager : Merupakan gelar resmi
Ass.Man Unit Payment : Adalah gelar yang diberikan untuk orang yang membantu manager
dalam menjalankan tugasnya.
Database : Kumpulan informasi yang disimpan secara
sistematik pada komputer sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program
computer.
Meeting management : Penataan pertemuan
Organization performance : bagian dari organisasi yang bertugas
menangani masalah performa dari organisasi
Enquiry : Menu yang ada di software I-SISKA
Browser : Software yang dapat
digunakan untuk mencari data dan menjelajahi internet
Control Operation Center : Pusat operasi kontrol
Printout : Hasil cetak
Asymmetric Digital Subscriber Line : Adalah salah
satu jenis DSL yang merupakan teknologi
akses internet menggunakan kabel tembaga yang membantu kabel telepon biasa
dalam menghantarkan data dengan jumlah yang besar
UNTUK BAGIAN ISI BISA DIUNDUH DISINI
0 komentar:
Post a Comment